• Idul Fitri 1434 H
  • Idul Fitri 1434 H
  • Unipdu Jombang Menerima Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2013/2014. Daftar Sekarang..!!
  • Seluruh Loyalis Unipdu Dalam Acara Grand Lounching Tahun Komunikasi Unipdu
  • Unipdu Bekerja Sama dengan Kementrian Pariwisata dan Industri Kreatif dalam Penyelenggaraan Study Wisata Syariah
  • MoU (Memorandum of Understanding) Unipdu Jombang dengan Unair Surabaya.
  • MoU (Memorandum of Understanding) Fakultas Teknik Unipdu Jombang dengan Chung Chou University of Science Technology Taiwan.
  • Dubes Amerika Serikat Berkunjung ke Unipdu
  • Anugerah Kampus Unggulan Perguruan Tinggi (Kelembagaan dan Tata Kelola) dari Kopertis VII Wilayah Jawa Timur diraih oleh Prodi D3 Kebidanan Unipdu Jombang.
Anda di sini: HomeSerba Serbi PPL Unipdu Jombang

Serba Serbi PPL Unipdu Jombang

alt

Unipdu Jombang - Dalam rangka mendukung lancarnya menapaki proses perjalanan menuju puncak ketuntasan menjalankan rukun Tridarma Perguruan Tinggi, khususnya rukun pendidikan dan pengajaran, pada tahun 2013 ini UPT PPL Unipdu Jombang menyelenggarakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa Program Studi PAI dan PGMI Fakultas Agama Islam yang notabene adalah kandidat pendidik di jenjang pendidikan dasar dan menengah. PPL diselenggarakan secara bermitra dengan 9 madrasah (MA/MAN dan MI) yang tersebar di kabupaten Jombang dan Mojokerto.

Kesembilan madarasah mitra tersebut adalah MAN 1 Jombang, MAN 7 Jombang, MAN Murukan Mojoagung Jombang, MA Assulaimaniyah Mojolegi Mojoagung Jombang, MA Al-Anwar Paculgowang Diwek Jombang, MA Darul Hikmah Kedungmaling Sooko Mojokerto, MA Bidayatul Hidayah Mojogeneng Jatirejo Mojokerto, MI Al-Ittihad Jogoroto Jombang, dan MI Mujahidin Parimono Jombang.

Tepat pada tanggal 3 Pebruari 2013, para mahasiswa/praktikan dilepas secara resmi oleh Rektor Unipdu, Bapak Prof. Dr. H. Ahmad Zahro, MA, di plaza Unipdu dengan diawali pengarahan dari Ketua Yayasan pesantren Tinggi Darul Ulum (Yapetidu), Bapak Drs. H.M. Zaimuddin Wijaya As’ad, MS. Pelepasan ini dihadiri dan disaksikan oleh Dekan Fakultas Agama Islam dan para dosen pembimbing lapangan.

 

Kegiatan PPL diawali dengan observasi oleh mahasiswa ke madrasah tempat PPL pada tanggal 4 s/d 13 Pebruari 2013, kemudian dilanjutkan dengan praktik pengajaran dan kependidikannya sejak tanggal 15 Pebruari s/d 16 Maret 2013.

Kemitraan Unipdu dengan 9 madrasah yang dijadikan sebagai tempat praktik pengajaran dan tugas kependidikan lainnya bagi mahasiswa, dibingkai dalam ikatan kerjasama (Memorandum of Understanding) yang ditandatangani oleh kedua belah pihak.

 

 MoU dengan Madrasah Aliyah pada PPL 2013 ini ditandatangani oleh Unipdu dengan MAN 1 Jombang dan MAN Murukan Mojoagung Jombang.

 

 

 Sedangkan MoU dengan Madrasah Ibtidaiyah ditandatangani oleh Unipdu dengan MI Mujahidin Parimono Jombang dan MI Al-Ittihad Jogoroto Jombang.

Penandatangan MoU juga dilakukan oleh Rektor dengan Madrasah Aliyah di Mojokerto, yaitu Madrasah Aliyah Bidayatul Hidayah Mojogeneng Jatirejo Mojokerto dan Madrasah Aliyah Darul Hikmah Kedungmaling Sooko Mojokerto.


 

Demi kesuksesan PPL ini, sekaligus demi misi mengibarkan bendera Unipdu di setiap wilayah, Rektor turun langsung kesembilan madrasah. Selain melakukan penandatanganan MoU dan monitoring kepada mahasiswa peserta PPL, Rektor juga memberikan kuliah motivasi pada beberapa madrasah, yang dihadiri oleh kepala madrasah, guru-guru, karyawan, mahasiswa peserta PPL, dan siswa.


 
     
 

Dalam kuliah motivasi tersebut, Rektor memberikan banyak nilai-nilai edukasi yang harus dijalankan oleh pendidik, misalnya setiap siswa adalah subyek hidup yang memiliki perasaan, minat, bakat, dan potensi lainnya yang harus dijaga dan dikembangkan dengan cara-cara yang baik, tanpa kekerasan. Siswa akan hidup lebih berkembang dengan dipuji, bukan dicaci.

Selain itu, Rektor juga memberikan tips meraih sukses dalam hidup. Ada tiga hal yang harus dimiliki dan dilakukan oleh siapapun, khususnya para siswa, jika menginginkan hidupnya sukses. Pertama, taqwallah; menjalankan perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya dengan sungguh-sungguh. Kedua, birrul waalidain; berbakti kepada kedua orang tua dengan sepenuh hati, mendoakannya, dan tidak berkata atau berbuat yang menyakitinya. Ketiga, almukaafachah war riyaadloh, wanilan gelem rekoso; berani dan mau hidup susah tanpa mengeluh, disertai usaha mencapai kebaikan hidup yang terus-menerus tanpa putus asa.

Sebagai kata akhir dari setiap kuliah motivasi, Rektor selalu memompa spirit semua siswa madrasah aliyah untuk melanjutkan studinya ke perguruan tinggi, dan kampus yang layak dipilih adalah Unipdu Jombang. Kata Rektor: “silahkan anda memilih banyak perguruan tinggi, yang penting ke Unipdu. Kalau tidak, ya.. ke Unipdu saja.” Kata-kata Rektor tersebut disambut teriakan dan tepuk tangan yang meriah oleh siswa-siswi.    

--------------------

*) Laporan dari UPT PPL Unipdu Jombang tentang kegiatan PPL 2013.

Halah bi Halal Keluarga Besar Unipdu Jombang 1434 ...

Unipdu Jombang – Bertempat di Plaza Unipdu, tepat hari ke-2  kegiatan administrasi akademik unipdu jombang, seluruh civitas akademik unipdu melaksanakan kegiatan halal bi halal tepat hari ke-12 di bulan Syawal 1434 H. Kegiatan yang diikut oleh seluruh loyalis Unipdu berlangsung singkat dan h [ ... ]

Pemberangkatan KPM Angkatan XII Unipdu Jombang Tah...Pemberangkatan KPM Angkatan XII Unipdu Jombang Tahun 2013

  Unipdu Jombang - Tepat pukul 08.00 WIB prosesi pemberangkatan KPM Angkatan ke XII diberangkatkan secara resmi oleh Rektor Unipdu Prof. DR. H. Ahmad Zahra, MA. Istilah KPM memang terdengar baru, tetapi KPM atau kepanjangan dari Kuliah Pengabdian Masyarakat yang dulunya dikenal dengan sebut [ ... ]

Dirgahayu Republik Indonesia Ke 68Dirgahayu Republik Indonesia Ke 68

Dirgahayu Republik Indonesia Ke-68 Mari Kita Jaga Stabilitas Politik Dan Pertumbuhan Ekonomi Kita Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat   Unipdu Jombang    

Berita Lainnya

Informasi DIKTI

Pengunjung

295494
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan Lalu
Seluruhnya
31
262
31
293566
4577
6639
295494

IP : 54.82.69.190
Tanggal : 20-09-2014

Kunjungi kami juga di